Membantu Utang Orang Lain Sebagai Amalan

21 Oct 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

كَانَ تَاجِرٌ يُدَايِنُ النَّاسَ ، فَإِذَا رَأَى مُعْسِرًا قَالَ لِفِتْيَانِهِ تَجَاوَزُوا عَنْهُ ، لَعَلَّ اللَّهَ أَنْ يَتَجَاوَزَ عَنَّا ، فَتَجَاوَزَ اللَّهُ عَنْهُ

“Dulu ada seorang pedagang biasa memberikan pinjaman kepada orang-orang. Ketika melihat ada yang kesulitan, dia berkata pada budaknya: Maafkanlah dia (artinya bebaskan utangnya). Semoga Allah memberi ampunan pada kita. Semoga Allah pun memberi ampunan padanya.” (HR. Bukhari, no. 2078)

Pada hadist tersebut terlihat bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar membebaskan utang-utang seseorang yang sedang kesulitan. Selain itu Allah SWT berfirman,

وَإِنْ كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَى مَيْسَرَةٍ وَأَنْ تَصَدَّقُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 280)

Ayat itu menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk bersabar kepada orang-orang yang sedang berada dalam kesulitan. Memberikan tenggang waktu terhadap orang yang sedang kesulitan dalam membayar utang juga merupakan kewajiban bagi Anda yang memberikan utang. Namun seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW diatas, membebaskan utang orang yang sedang kesulitan merupakan Sunnah(dianjurkan).

Begitu pula dalam beberapa hadits disebutkan mengenai keutamaan orang-orang yang memberi tenggang waktu bagi orang yang sulit melunasi utang.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَنْظَرَ مُعْسِرًا أَوْ وَضَعَ عَنْهُ أَظَلَّهُ اللَّهُ فِى ظِلِّهِ

Barangsiapa memberi tenggang waktu bagi orang yang berada dalam kesulitan untuk melunasi hutang atau bahkan membebaskan utangnya, maka dia akan mendapat naungan Allah.” (HR. Muslim no. 3006)